Update iOS 8.3: Cara Aktifkan Keyboard Emoji Terbaru

xiamenhai.netiOS 8.3 kini sudah bisa didownload oleh para pengguna ponsel dan tablet berbasis iOS, terutama bagi pengguna yang perangkatnya masih bisa disokong oleh iOS 8. Tidak banyak peningkatan yang terjadi dari versi sebelumnya yakni 8.2, namun ada yang menarik yang bisa kita sharing di tulisan ini.

Perubahan tersebut ada di bagian upgrade keyboard emoji. Tidak hanya menambahkan beberapa emoticon saja, Apple juga rupanya sedikit kreatif dengan menambahkan sejumlah pemanis di bagian ini. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai deret emoji baru di iOS ini, mari kita bahas bagaimana caranya mengaktifkan keyboard emoji di iPhone dan iPad Anda.

Update iOS

Pertama, lakukan update ke iOS 8.3 via OTA (over the Air) karena akan lebih hemat waktu. Caranya, masuk ke Settings > General > Software Update.

Apabila iPhone atau iPad Anda belum terinstal iOS 8.3 seharusnya akan muncul notifikasi update pada halaman tersebut. Atau setidaknya ada logo yang berputar-putar seakan-akan ingin menampilkan sesuatu tapi mentok. Jika Anda menemukan notifikasi update, silakan langsung tekan, pilih ‘agree’ dan biarkan sistem melakukan update secara OTA.

Jika mentok alias tidak ada notifikasi pembaharuan software namun iOS Anda bukan versi 8.3, silakan Anda download software update-nya via iTunes atau download file ipsw yang sesuai dengan perangkat Apple Anda. Kemudian, lakukan update perangkat dengan menghubungkan laptop via iTunes.

Pasang Keyboard Emoji

Oke, bagi pengguna iPhone tentu mengaktifkan keyboard emoji adalah sesuatu yang mudah dilakukan, bahkan sudah di luar kepala. Tapi, jika Anda kebetulan lupa cara mengaktifkannya, mungkin karena sedang terpikirkan hal lain ketika membuka iPhone, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Buka fitur Settings > General > Keyboard > Keyboards > Add New keyboard > pilih EMOJI.

Sekarang tutup settings, lalu masuk ke salah satu fitur yang bisa menampilkan keyboard, misalnya messages, atau notes dan sebagainya. Silakan perhatikan keyboard Anda, lalu sentuh lambang bola dunia di bagian ujung kiri di sebelah tanda angka 123. Hal ini akan memunculkan keyboard-keyboard yang tadi Anda daftarkan di settingan, termasuk keyboard emoji.

Pasang Keyboard Emoji

Jika Anda sudah sering menggunakan keyboard Emoji, maka perubahan yang terjadi di iOS 8.3 ini akan segera Anda kenali dengan baik. Perubahan-perubahan tersebut mestinya sih memberikan keleluasaan dan kemudahan bagi pengguna iPhone saat mereka mencari emoticon yang pas dengan percakapan mereka.

Perubahan tersebut di antaranya adalah:

1) Tidak ada lagi pembatasan antar kategori yang berbeda di dalam emoji.

Seperti yang kita ketahui bahwa di iOS lawas, emoticon-emoticon dikelompokkan pada kategori berbeda, di mana saat kita menggeser ke kanan dan ke kiri kita akan menemukan batasan, sebuah tembok yang terlihat, dan Anda harus mengganti kategori terlebih dahulu untuk melanjutkan pencarian emoticon.

Kali ini, Anda bisa mencari emoticon yang tepat dengan lebih cepat dan mudah, karena emoticon-emoticon tersebut bakal tampil secara dinamis. Kategori tetap ada, tapi tidak lagi dibatasi oleh folder berbeda, sehingga kita bisa menggesernya ke kanan dan ke kiri tanpa batasan kategori lagi.

Jika Anda kebetulan sudah hafal tata letaknya berdasarkan kategori, emoticon-emoticon pun bakal tetap menampilkan ikon kategori di bagian bawah sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan cepat lewat tombol ikon tersebut.

2) Pilihan warna kulit.

Meskipun kerap kali menjadi bahan olok-olokan di dunia maya, penambahan warna kulit pada emoticon menjadikannya lebih adaptif terhadap semua pengguna iPhone maupun iPad tanpa adanya halangan warna kulit. Ada sekitar 6 warna kulit yang disediakan, mulai dari kuning, putih, dan berangsur-angsur menjadi lebih gelap dan bisa dijadikan sebagai warna kulit default ketika Anda memilih ikon yang sama.

3) Lebih banyak emoticon.

Tentu saja, merombak sesuatu saja tidak akan terasa cukup tanpa memberikan pilihan baru yang segar. Kali ini sekitar 300 emoticon baru telah ditambahkan, bukan sekedar menambahkan warna kulit pada emoji karakter manusia saja, tetapi juga tambahan bendera dan ikon-ikon baru.

Catatan Kecil

Kehadiran keyboard emoji baru ini telah diupayakan Apple bersama dengan konsorsium unicode. Artinya, meski bukan sekarang, dalam jangka waktu dekat semua emoticon di semua ponsel bakal menampilkan konten yang sama. Termasuk di Android, Blackberry dan Windows Phone, selama mereka menggunakan unicode emoticon.

Tapi untuk saat ini, sejumlah ikon mungkin akan terlihat aneh di perangkat lain, selain iPhone dan iPad yang menggunakan iOS 8.3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *