Spesifikasi & Harga Blaupunkt Sonido X1+ Review: Octa Core ala Jerman, Bawa Audio Premium Harga 4 Jutaan

xiamenhai.net – Banjir ponsel premium yang menghiasi pasar gadget di Indonesia tampaknya belum berhenti. Bahkan permain baru terus berdatangan dari luar. Salah satunya adalah Blaupunkt yang mengusung Sonido X1+. Ponsel yang didengungkan sebagai Advanced Android Phone plus Headphone ini benar-benar menyertakan headphone Blaupunkt.

Blaupunkt sebelumnya hanya dikenal sebagai produsen sound system premium untuk mobil. Namun, kini kiprahnya merambah ke produk smartphone. Tampaknya, smartphone ini membawa ketenaran nama Blaupunkt sebagai magnet agar dapat diterima.

Untuk hardware, ponsel ini juga tidak asal hadir. Produk perdana yang sepertinya didaulat sebagai flagship ini mengusung prosesor Octa Core, RAM 2GB, ROM 16GB dan kamera belakang 13,2 MP.

Seberapa hebat sih ponsel ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1) Desain

Dimensi 148 x 74x 7.8 mm, bobot – gram, multi touchscreen;
port audio 3.5mm;
tombol power/lock, pengatur volume; lubang mic;
port microUSB.

Blaupunkt Sonido X1+ memiliki layar seluas 5,5 inci dengan dimensi 148 x 74x 7.8 mm. Dari segi desain, Blaupunkt Sonido X1+ ini cukup tipis dengan ketebalan ponsel hanya 7,8mm. Bentuknya menyerupai batangan cokelat yang bentuknya persegi.

Saat digenggam, ponsel ini memang terasa ringan. Di sekeliling bodi depan dihiasi dengan list luar berwarna biru gemerlap. Sedangkan pada bagian depan tersebut menggunakan full lamination. Tampak depan, bagian kiri atas terdapat kamera sekunder dengan lubang speaker di atasnya. Tepat di tengah terdapat tulisan ‘BLAUPUNKT’ dengan bulatan berwarna biru.

Tombol power/lock ditempatkan pada sisi kanan dan pengatur volume di sisi kiri ponsel. Port audio dan port USB/charging berada di sisi atas ponsel.

Pada sisi belakang terdapat kamera dan LED flash yang berada di bawahnya. Di bawah LED flash terdapat tulisan ‘BLAUPUNKT’ dengan bulatan berwarna biru di kiri pada tulisannya.

Paket pembelian ponsel ini menyertakan headphone (Blaupunkt BPA-102 Advanced Headphones) yang merupakan andalah utamanya. Headphone ini hadir dengan desain premium yang disebut dengan ‘ergonomic on-ear design’ dan ‘folded design for comfortable carry’. Selain bobotnya yang ringan, headphone ini dapat ditekuk sehingga tidak memakan ruang pada saat penyimpanannya.

Untuk kemampuannya, headphone ini memang tidak lagi diragukan. Strong bass sound dengan ‘dynamic driver’ membuatnya mampu menghadirkan kualitas suara layaknya di bioskop premium dengan Dolby Surround.

2) Display

Layar sentuh: capacitive touchscreen Full HD (1080 x 1920 pixels) 16 juta warna;
Dragontrail Glass;
Viewing angle 180 derajat;
5.5 inci (~481 dpi).

Dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels, ponsel ini mampu menghadirkan kualitas warna dan gambar yang jernih. Layar seluas 5.5 inci tentunya merupakan ukuran maksimal yang ideal untuk sebuah ponsel.

Layarnya menggunakan ‘dragontrail glass’ yang disebut anti scratch, anti dust dan anti finger print. Ponsel ini memiliki pengaturan kecerahan standard yaitu auto dan manual. Ponsel ini juga memiliki pengaturan untuk tampilan video yang disebut ‘clear motion’.

Kerapatan layar ponsel ini bahkan mencapai maksimal 480 dpi yang tergolong lumayan. Saat dioperasikan, respon layar sentuh dari ponsel ini sangat mulus. Demikian juga untuk berpindah dari halaman satu ke halaman berikutnya juga tidak terlihat adanya jeda.

Pengujian layar multi sentuh menggunakan Antutu Benchmark Tester (download), didapat hasil 5 sentuhan secara bersamaan.

3) Sistem operasi (OS) dan User Interface (UI)

Android OS v4.4.2 KitKat 32bit.

Ponsel Blaupunkt Sonido X1+ ini sudah menggunakan OS Android 4.4 KitKat yang dipercaya mampu menghadirkan performa yang lebih handal, hemat baterai, fitur terbaru serta keyboard emoji yang membuat aktifitas chatting semakin seru.

Ponsel ini memiliki UI khusus yang cukup menarik. Selain wallpaper dan widget, ponsel ini menyediakan efek yang terbagi menjadi 2, yaitu screen effect dan applist effect.

Tray notifikasi menampilkan notifikasi dan tombol virtual. Tombol virtual ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan fitur seperti WiFi, sambungan data operator, rotasi layar otomatis, bluetooth dan sebagainya.

4) Internet dan Konektivitas

2G: ESM850/GSM900/DCS1800/PCS1900;
3G: WCDMA 850/1900/2100;
WLAN: 802.11 b/g/n;
Bluetooth BT2.1 + EDR;
GPS embedded.

Blaupunkt Sonido X1+ hadir dengan konektivitas standard 2G dan 3G. Selain itu juga ada WiFi 802.11 b/g/n, bluetooth 2.0 + EDR, USB OTG dan GPS + A-GPS.

Untuk internetan, smartphone ini menyediakan 2 browser, yaitu browser bawaan Android dan Chrome. Pengujian menjelajah dunia web, tidak ditemui kendala dan masalah.

Untuk koneksi ke PC, dalam paket penjualannya telah disertakan kabel data yang terpisah dengan kabel charger. Pengujian menggunakan Google Maps berjalan sangat lancar termasuk aplikasi navigasi serta fitur tambahannya.

5) Hardware dan Benchmark

Prosesor Octa Core MT6592 1.7GHz ARM Cortex-A7;
Mali-450 MP;
RAM LPDDR2 2GB, Internal storage 16GB, External up to 64GB;
Baterai Li-Ion 3000 mAh;
Ambient Light Sensor;
3-axis Accelerometer (G-sensor), M-Senior (e-Compass), Gyro Sensor,

Blaupunkt Sonido X1+ didukung oleh prosesor MT6592 Octa Core 1.7GHz yang dipercaya memiliki kecepatan sempurna. Dengan dukungan grafis Mali-450, ponsel ini mampu menghadirkan grafis yang tidak mengecewakan. Ponsel ini juga memiliki sensor yang tergolong lengkap dibanding ponsel sekelasnya.

Untuk asupan daya, Blaupunkt Sonido X1+ dibekali dengan baterai Li-Ion berkapasitas 3000 mAh yang sedikit lebih baik dari kebanyakan ponsel lain.

Untuk perhitungan benchmark menggunakan aplikasi Antutu Benchmark dan Quadrant Standart. Menggunakan Antutu Benchmark (download) didapat angka 28.470. Sedangkan dengan Quadrant Standard (download) didapat angka 12.886 yang menempatkannya pada posisi teratas melewati HTC One X dan Asus Transformer Prime.

6) Kamera dan Video

Kamera belakang 13,2 MP (4160 x 3120 pixles), auto focus, LED flash, geo-tagging, touch focus, HDR;
Kamera depan 8 MP (3264 x 2448 pixels).

Kamera utama Blaupunkt Sonido X1+ tergolong cukup besar yakni 13,2 Megapiksel. Begitu juga kamera, depannya 8 Megapiksel rasanya sudah sempurna untuk Anda yang menginginkan kualitas hasil foto selfie yang maksimal.

Pengaturan yang disematkan pada kamera ponsel ini tergolong lengkap dengan beberapa fitur tambahan seperti editing dan maksimalisasi image. Anda dapat memilih beragam mode mulai dari normal, smile, panoramic, landscape hingga HDR pun tersedia. Untuk hasil foto indoor, menjadi lebih lengkap dengan adanya LED flash dan geo-tagging.

Pengujian pemotretan dalam ruangan dan luar ruangan menghasilkan gambar yang sangat bagus dan tidak mengecewakan.

7) Multimedia

Audio decode: WAV, MP3, MP2, AAC, AMR-, MIDI, Vorbis, APE, AAC-puls v1, AAC-plus v2, FLAC, WMA, ADPCM;
Video decode: HEVC, VP9, H.264, MPEG-4, DIVX5456, VP8, VC1, H.263;
FM: 65-108 MHz w/ 50K Hz step; Support RDS/RBDS

Untuk urusan multimedia, Blaupunkt Sonido X1+ menyediakan BLAUPUNKT audio player khusus. Tampaknya audio player khusus ini disediakan untuk mendukung headphone-nya. Meski UI dari player ini terlihat sederhana, di mana terdapat 4 kategori yaitu berdasarkan artist, album, songs dan playlist. Namun, player ini menyediakan pengaturan tambahan yang akan mendeteksi secara otomatis bila Anda menghubungkannya dengan headphone bawaan.

Suara bombastis yang dihasilkan oleh audio enhancer (BesAudEnh) yang diletakkan di pengaturan audio. Memberikan nuansa bergelegar dan sayangnya hanya akan cocok saat memutar video player. Namun, untuk memutar musik cukup aktifkan Blaupunkt Audio (dan matikan besaudenh), karena Headset bawaan akan memberikan pengalaman terbaik dalam pengaturan ini.

Dalam posisi pengaturan ini, Anda akan merasakan audio yang kaya akan bass, namun juga separasi suara yang tak kalah bagus di frekuensi tengah dan tinggi. Aplikasi multimedia lain seperti Radio FM juga disertakan. Radio FM ini sudah mendukung RDS dan perekam. Masih ada fitur multimedia lain yang bakal dibahas pada fitur tambahan di bawah ini.

8) Fitur tambahan

Quick Office, Movie Maker, telePay, Live TV IndoVision.

Fitur tambahan pada Blaupunkt Sonido X1+ ini memang tergolong lengkap. Untuk urusan perkantoran, ponsel ini menyediakan Quick Office. Untuk hiburan, tersedia Movie Maker yang memungkinkan Anda menggabungkan bermacam-macam video hasil dari rekaman Anda sendiri. Sedangkan, telePay merupakan aplikasi mobile payment service untuk beragam kebutuhan dalam urusan pembayaran.

Fitur tambahan yang menurut penulis cukup unik adalah adanya LiveTV yang terdiri dari LiveTV Global, LiveTV MNC Infotainment, LiveTV MNC Music, LiveTV MNC News, LiveTV MNC Shop, LiveTV MNC TV dan LiveTV RCTI. Saat pengujian, terlihat fungsi decoder yang berjalan. Anda masih bisa menambah bermacam stasiun TV lainnya dengan berlangganan menggunakan IndoVision.

Masih kurang jelas mengenai sistem enkripsi atu kompresi daya yang digunakan, sehingga aplikasi ini dapat berjalan dengan sangat lembut seolah-olah tidak terasa bahwa kita sedang menjalakan video streaming. Fitur tambahan standar lain masih tersedia seperti perekam suara.

9) Harga

Untuk ponsel premium dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat yang disertai fitur multimedia yang sangat apik, harga ponsel Blaupunkt Sonido X1+ ini pun dibanderol seharga IDR 4.500.000,-.

10) Kelebihan dan Kekurangan

(+) Kelebihan dari ponsel Blaupunkt Sonido X1+ antara lain:

  • Audio Premium.
  • Kamera 13,2 MP dan 8 MP.
  • USB OTG.

(-) Kekurangan dari ponsel Blaupunkt Sonido X1+ antara lain:

  • Tidak mendukung 4G.
  • Hasil Benchmark mendapat skor kecil.

11) Kesimpulan

Dengan dibanderol harga IDR 4,5 juta, wajar saja bila ponsel ini menyediakan spesifikasi hardware berkelas premium. Beragam fitur juga dilengkapinya, mulai dari UI, multimedia hingga kamera yang disematkan tidaklah mengecewakan.

Keunggulan atau nilai jual dari ponsel ini adalah headphone yang disertakannya. Meskipun bukan headphone wireless, namun Blaupunkt BPA-102 Advanced Headphones dengan fitur strong bass sound membuatnya mampu menghadirkan kualitas suara layaknya di bioskop premium dengan Dolby Surround. Mungkin yang terasa masih kurang dari ponsel premium ini adalah ketidak hadiran kemampuan 4G. Namun pilihan kami kembalikan kepada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *