Review Microsoft Lumia 435: Budget Smartphone, Andalkan Platform Anyar

xiamenhai.net – Jika Anda sedang mencari ponsel Windows Phone dengan harga terjangkau, Lumia 435 adalah pilihan yang tepat. Dengan harga jual 1,1 juta, Lumia 435 sudah mengusung platform Windows Phone 8.1 Lumia Denim. Hadir dengan dua slot kartu micro SIM, apakah Lumia 435 adalah ponsel Windows yang Anda cari?

Nah, kali ini kami akan mengulas tentang spesifikasi ponsel Lumia 435 ini dari beberapa sektor. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya.

1) Desain

118 x 64.7 x 11.7 mm; berat 134,1 gram.

Menyandang predikat sebagai ponsel Windows termurah, desain yang diusung Lumia 435 memang masih belum beranjak dari konsep dasar ponsel Lumia pada umumnya. Dengan dimensinya yang kecil, bodi Lumia 435 tampak menggembung.

Sama seperti ponsel pendahulunya, Lumia 435 hadir dengan 4 (empat) varian pilihan warna cerah masing-masing hijau, oranye, putih dan hitam. Anda dapat melihat logo Microsoft yang menggantikan Nokia di bagian depan dan belakang bodi ponsel miliknya yang terbuat dari plastik.

Pada ruas kanan ponsel, Microsoft menyematkan tombol power dan pengatur volume, sedangkan pada bagian atas bertengger port audio. Port micro USB dapat Anda temukan pada bagian bawah ponsel. Slot kartu memori micro SIM dan microSD dapat Anda temui di balik baterai.

2) Display

TFT capacitive touchscreen, 16M colors, 480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density), multitouch.

Lumia 435 datang dengan bentang layar TFT selebar 4 inci yang hadir dengan resolusi 480 x 800 piksel. Mengusung kerapatan 233 piksel per inci, Lumia 435 memang bukanlah ponsel dengan kecerahan dan ketajaman warn yang memuaskan. Beruntung Microsoft memberikan Lumia 435 dengan beragam pengaturan seperti kecerahan dan profil warna yang meliputi temperatur warna dan saturasi.

Layar Lumia 435 sanggup menerima input hingga lima titik sentuh sekaligus. Anda juga dapat menghidupkan layar dengan mengetuk layar sebanyak dua kali. Lumia 435 juga dilengkapi dengan fitur project my screen.

3) OS dan Interface

Microsoft Windows Phone 8.1 Lumia Denim Update.

Dengan sistem operasi Windows Phone 8.1, pengguna langsung mendapatkan update Denim begitu menghubungkan Lumia 435 dengan jaringan internet, baik dengan koneksi WiFi atau data operator.

Dengan menginstal Lumia Denim, Lumia  Camera nantinya bakal menggantikan Nokia Camera sebagai aplikasi default kamera. Digulirkannya Lumia Camera pada pembaruan Denim ini juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan fitur kamera yang lebih canggih dan lengkap. Meski demikian, perbaikan dari sisi kamera ini tentu akan sangat bergantung dengan perangkat keras kamera yang diusung.

Perubahan lainnya yang dapat Anda nikmati adalah adanya Storage sense, Wi-Fi Sense, Data Sense, dukungan VPN dan sebagainya, yang merupakan penambahan fitur dari Windows Phone versi 8.0. Lumia 435 juga dilengkapi dengan Kids Corner yang memungkinkan Anda untuk menyiapkan start screen Lumia khusus untuk buah hati Anda.

4) Hardware

Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200, Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7, Adreno 302, RAM 1GB; 8GB Storage (3.7GB free user Storage).

Lumia 435 menggunakan chipset Snapdragon 200 dual core yang sanggup dipacu pada clock speed 1,2GHz. Untuk sektor grafis, Microsoft mempersenjatai Lumia 435 dengan GPU Adreno 302. Meski dipatok dengan harga terjangkau, ponsel yang memiliki kapasitas RAM sebesar 1GB sudah dapat dinikmati oleh pengguna untuk bermain game kelas menengah serta menjalankan aplikasi secara multitasking dengan kecepatan yang cukup memadai.

Dengan ruang penyimpanan secara keseluruhan mencapai 8GB, Anda bisa menggunakannya sekitar 3,7GB diantaranya untuk menyimpan koleksi multimedia dan foto Anda. Menarinya, Microsoft telah melengkapi Lumia 435 dengan slot kartu memori berkapasitas maksimal 128GB. Anda juga dapat melakukan instalasi aplikasi langsung ke kartu microSD.

Untuk memasok daya, Microsoft menggunakan baterai berkapasitas 1.560 mAH yang sama dengan Lumia 532.

Untuk mengukur kinerjanya, kami menggunakan aplikasi WP bench (download) yang menghasilkan skor 206,7. Sementara saat pengujian menggunakan Antutu Benchmark (download), hasil skor yang didapat sebesar 7323.

5) Kamera

Belakang: 2.0MP, 1600 x 1200 piksel, Geo Tagging, Video: 480p@30fps. Depan: VGA.

Lumia 435 hanya dilengkapi dengan resolusi kamera belakang sebesar 2 MP tanpa LED flash. Sementara untuk resolusi kamera depan hanya disematkan dengan kamera VGA.

Lumia Camera yang kini menjadi aplikasi kamera default pada update Denim terbaru memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan manual yang meliputi White balance, ISO, Shutter speed dan exposure. Anda juga bisa mendapatkan efek yang lebih beraneka ragam dengan menginstal lense dari Windows Store.

Tanpa disematkannya LED flash dan autofokus pada ponsel Lumia 435 ini, gambar yang dihasilkan tentu akan sangat turun kualitasnya saat pengambilan gambar yang dilakukan di dalam ruangan dengan kondisi cahaya yang rendah.

Rendahnya resolusi kamera yang diusung membuat foto yang dihasilkan terlihat pecah saat dilihat di layar komputer. Sementara untuk mengabadikan momen, Lumia 435 hanya dapat mereka video dengan resolusi 480p, sehingga secara keseluruhan kamera foto dan rekaman milik Lumia 435 ini memang belum dapat diandalkan.

6) Multimedia

Music and Video Apps with Microsoft XBox Store, MixRadio App.

Microsoft menyematkan pemutar video yang sanggup memainkan video dengan resolusi 720p dalam format 3gp atau mp4. Menariknya, video yang dimainkan juga sanggup menayangkan subtitle berformat srt. Menonton video pada layar selebar 4 inci serta resolusi 480p tentu tidak akan meninggalkan kesan yang istimewa seperti pada ponsel hi-end dengan resolusi HD dan layar selebar 5 inci ke atas.

Menikmati liburan audio dapat Anda lakukan dengan memutar koleksi musik yang tersimpan menggunakan music player yang telah dibekali dengan equalizer atau efek audio lain. Sementara dengan MixRadio App, Anda dapat mendengarkan jutaan lagu streaming secara gratis dan legal. Dengan earset yang terpasang, Anda juga dapat mendengarkan siaran radio FM.

7) Kelebihan & Kekurangan

(+) Kelebihan dari ponsel Lumia 435:

  • Windows Phone 8.1 upgradeable to Windows 10.
  • HSDPA 42 Mbps download and 5.76 Mbps upload.

(-) Kekurangan dari ponsel Lumia 435:

  • Prosesor hanya dual core.
  • Tidak ada kabel data.
  • Resolusi kamera hanya sebesar 2MP tanpa LED Flash.

8) Harga

Untuk ponsel Windows dengan sistem operasi Windows Phone versi 8.1 Lumia Denim yang nantinya bakal bisa diupgrade lagi ke Windows 10, harga ponsel Lumia 435 dari Microsoft ini dibanderol dengan harga IDR 1.099.000,-.

9) Kesimpulan

Lumia 435 merupakan ponsel Windows anyar dari Microsoft yang dibanderol dengan harga paling terjangkau saat ini. Dengan merogoh kocek sejuta, Anda sudah bisa mendapatkan ponsel Dual core 1.2GHz yang telah mendukung beragam fitur yang diusung oleh Windows Phone 8.1 Lumia Denim Update. Kapasitas RAM sebesar 1GB serta dukungan slot microSD hingga kapasitas 128GB tentu sangat mencukupi bagi pengguna yang gemar menyimpan koleksi musik serta menginstal aplikasi.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak video mengenai spesifikasi Lumia 435 berikut:

Meskipun kapasitas memori internal yang dimiliki tidak besar, namun Anda dapat menginstal aplikasi dari Windows Store ke memori eksternal. Kekurangan yang paling menonjol dari ponsel ini adalah sisi kamera yang belum dibekali dengan LED flash serta resolusi yang hanya di kisaran 2 Megapiksel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *